SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2018, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2018, dan lain sebagainya dan juga info seo 2018

18 January 2014

Sejarah Terbentuknya Dari Densus 88 Anti Teror


Kupas Tuntas Tentang Apa Siapa Densus 88
Densus 88
Adanya DENSUS 88 merupakan jawaban dari kebutuhan akan adanya unit khusus anti teror POLRI yang memiliki “kewenangan utama dalam melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi eh.. terorisme.. (SALAH) sebenernya saya hanya ingin ngasi sedikit saja tentang densus 88 ini.sebenarnya masih ada beberapa tim khusus lain seperti kopaska,kopassus.
  
Densus 88 atau juga dikenal delta 88 dibuat sebagai unit anti teror yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom sampai pembebasan sandera.
Kupas Tuntas Tentang Apa Siapa Densus 88Kupas Tuntas Tentang Apa Siapa Densus 88
Sudah hampir 9 tahun sejak terbentuknya, peran dan fungsi densus 88 membanggakan dikepolisian tapi juga membanggakan nama indonesia di dunia internasional.
Tepuk tangannya mana ?

Kupas Tuntas Tentang Apa Siapa Densus 88
Kupas Tuntas Tentang Apa dan Siapa Densus 88
SEJARAH PEMBENTUKAN DENSUS 88 :
Banyaknya aksi teror pemboman yang terjadi di indonesia era tahun 2000-2005, mulai dari bom kedubes filipina dan Malaysia, BEJ, Plaza atrium, bali I dan II, bom kuningan, bom JW marriot dan lainnya sering dapet travel warning dari negara lain di dunia. Sebelum satuan khusus ini terbentuk sudah ada detasemen yang mirip. Namanya sat-1 gegana brimob.
Awalnya terbentuk densus 88 karena pemerintah USA melalui ide diplomatic security service.  Ide ini juga dalam bentuk bantuan dana, pelatihan, dan peralatan pendukung. Tujuan bantuan tersebut diantaranya :
  • 30 milyar dollar us untuk pelatihan kepolisian 
  • 16 milyar dolar us untuk membentuk satuan khusus anti terorisme 
  • 4 milyar dollar us sisanya untuk pelatihan counter-terrorisme TNI

Satuan ini diresmikan oleh Kapolda metro jaya inspektur jenderal Firman Gani pada tanggal 26 agustus 2004. peresmian ini menandakan pembentukan pertama di wilayah kepolisian daerah. kewenangan tugas dari densus 88 dalam pemberantasan tindak pidana terorisme juga ditetapkan dalam SK kapolri No. 30/VI/2003.
  
ARTI LAMBANG DENSUS 88 :
ARTI LAMBANG DENSUS 88

Arti dari angka “88 adalah jumlah korban terbanyak dari australia di peristiwa bom bali. Kalau lambang borgol berarti teror bisa terus menerus mengintai masyarakat. artinya pekerjaan detasemen 88 ini tidak pernah kenal berhenti.

 

 

PEMBENTUKAN, RECRUITMENT, PEMILIHAN ANGGOTA : 

PEMBENTUKAN, RECRUITMENT, PEMILIHAN ANGGOTA DENSUS 88

Detasemen 88 ini awalnya beranggotakan 75 orang. anggota polri yang akan menjadi anggota ini harus melalui seleksi “super” ketat, punya kemampuan fisik, intelejensi diatas rata-rata. Calon juga harus bebas dari kasus HAM. Makanya anggota Polri yang pernah bertugas di Timor Timur tidak bisa jadi anggota pasukan elit ini.

Awalnya pembentukan diambil dari beberapa satuan, seperti dari ahli investigasi, ahli bahan peledak, dan unit pemukul yang didalemnya ada unit penembak jitu. Beberapa personel juga di rekrut dari gegana dan Brimob Polri.

PELATIHAN DAN TEMPAT PELATIHAN :

PELATIHAN DAN TEMPAT PELATIHAN DENSUS 88

PELATIHAN DAN TEMPATPELATIHAN DENSUS 88

Pelatihan awal dilakukan langsung sama instruktur dari CIA, FBI, dan U.S secret service. kebanyakan staf pengajarnya adalah bekas anggota pasukan khusus AS. Tempat pelatuhannya di pusdik polri megamendung, 50 kilometer selatan kota jakarta.

Densus 88 mempunyai 3 peran dan fungsi :

1. karena densus 88 berada di bareskrim mabes polri dan ditreskrim polda, juga merupakan personel dengan kualifikasi seorang reserse kriminal handal.

2. seorang personel densus 88 harus memiliki kualifikasi sebagai anggota intelijen keamanan,melakukan pendeteksian,analisis.

3. personel densus 88 adalah seorang negosiator yang handal.

PERSENJATAAN DAN SARANA PENDUKUNG :

pada awal terbentuk, ada beberapa varian persenjataan yang diniliki Densus 88 yang berasal dari AS.

seperti :

Serbu Colt M4

Senjata Densus 88 Serbu Colt M4

Senjata Densus 88 : Serbu Colt M4

  

Armalite AR-10

Senjata Densus 88 Armalite AR-10

Senjata Densus 88 : Armalite AR-10

Shotgun Remington 870

Senjata Densus 88 Shotgun Remington 870

Senjata Densus 88 : Shotgun Remington 870

H&K MP-5

Senjata Densus 88 H&K MP-5

Senjata Densus 88 : H&K MP-5

Benelli Shotgun

Senjata Densus 88 Benelli Shotgun

Senjata Densus 88 : Benelli Shotgun

Beberapa alat komunikasi dan pendukung juga dari AS seperti :

COMSTRAC : untuk mendeteksi jalur komunikasi (surveillance), pengacak (jamming) yang terintegrasi pada system monitoring portable. semua persenjataan yang diberikan termasuk latihan sama persis dengan apa yang dimiliki satuan khusus anti-teroris AS. 

PRESTASI MEMBONGKAR JARINGAN TERORIS

Pra-penyergapan Dr. Azahari :

sebelum penangkapan azhari, densus 88 telah berhasil mengikuti gerak dari kaki tangan azhari, yahya cholil dan anis.mereka terus diikutin sampe ke batu-malang. dan sudah ketauan kalo tujuan aksi teror dari kelompok ini adalah SEMARANG. Ketika mengikuti mereka sampai ke wilayah semarang. mobil yang dikendarai sama cholil berhenti.mereka bertemu dengan Noordin m. top. Saat itulah pasukan detasemen 88 berhamburan dari dua mobil untuk menyergap mereka. noordin melarikan diri. anis dan cholil berhasil ditangkap. Dari mereka ditemukan tas berat yang berisikan bom siap ledak. spontan para anggota langsung keluar dari mobil untuk mengamankan diri.

Penagkapan tersangka pembom dubes Australia:

Tersangka kasus peledakan bom didepan kedubes australia, kuningan-jakarta pada 9 september 2004. Proses penangkapan terjadi ketika tim cobra kepolisian daerah dan detasemen 88 datang ke kontrakan para tersangka di bogor. mereka langsung mengepung rumah itu. tersangka Rais dan Sogir ditangkap anggota detasemen 88 setelah mencob kabur ke jalan raya leuwiliang. saat diringkus. Rois dan Sogir sempat mengeluarkan pistol dari tas pinggang yang juga berisi bom berdaya ledak tinggi. Penyergapan persembunyian Rpis dan Sogir berhasil diperoleh berkat ditangkapnya yasin,buchari, dan fatahullah oleh tim densus 88 di Pekalongan, Jawa tengah pada 17 november 2005.

Penangkapan imam samudera dan amrozi cs, tersanka kasus bom Bali dan yang lain lain adalah berkat prestasi dari densus 88. Penangkapan penangkapan yang dilakukan detasemen 88 selalu dramatis dan penuh resiko.

Terlepas dari semua itu, kita patut berbangga karena Detasemen Khusus 88 (DENSUS 88) merupakan salah satu pasukan elit terbaik didunia.
Kita wajib berbangga dengan Densus 88 !

Jangan Berbicara yang tidak mengandung inti artikel..
- Berbicaralah yang baik
- Apalagi kalau anda hanya mencari BACKLINK

www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top