SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2018, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2018, dan lain sebagainya dan juga info seo 2018

29 January 2014

Kepercayaan/Mitos Yang Berkeliaran Di Indonesia


Halo Sobat "Sederet Info-Info" apa kabar kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Mitos/Kepercayaan yang ada di daerah-daerah di Indonesia.

Jangan ganti chanel situs anda siapkan cas batry biar gak mati ditengah jalan saat mmbaca haha.

langsung saja nih admin kasih mitos-mitos yang ada di Seluaruh daerah Indonesia....

  • TERONG DAPAT MENYEBABKAN LEMAH SYAHWAT ?
Banyak sekali rumor yang mengatakan apabila seorang lelaki suka mengkonsumsi terong berakibat pada lemah shawat / mandul .
Ternyata sudah ada peneliti Dr. Fasich dari Airlangga yang menguji zat Solasodin ( zat dalam buah terong ) ke dalam tubuh tikus percobaan , hasil nya Tikus tersebut tetap bergairah dalam melakukan hubungan sex tetapi Tikus tersebut mengalami kemandulan sementara akibat dari Solasodin .

  • MANDI MALAM DAPAT MENYEBABKAN REMATIK ?
Rematik sebenarnya terdiri dari berbagai jenis dan jenis nya pun tergantung pada penyebab rematik dan sebagian penyebab rematik adalah di sebabkan oleh peradangan sendi , banyak sekali yang menyebabkan peradangan sendi tapi biasa nya di akibatkan karena kekurangan hormon estrogen ,oesteoporosis , faktor genetik , dan jumlah kadar asam dalam darah . Dan mandi malam sebenarnya bukan lah yang menyebabkan rematik , mandi malam hanya akan membuat tulang sendi menjadi nyeri di akibatkan karena hawa malam yang mengakibatkan kurang nya suplai oksigen ke dalam sendi sehingga terjadi penyempitan dan akhirnya menjadi nyeri .

  • BERSIUL DI MALAM HARI DAPAT MEMANGGIL SETAN ?
Ini tidak benar , tidak perlu peneliti untuk membuktikan ini , kalian saja cukup untuk membuktikan mitos ini . Saya sering bersiul malam hari bahkan pernah melewati kuburan ,  hingga akhirnya  saya di omeli teman , tetapi belum pernah ada kasus penampakan setan yang terjadi dalam hidup saya .

  • BERENANG DENGAN CELANA , BAJU , ATRIBUT HIJAU DI KAWASAN NYI RORO KIDUL BAKAL MATI TERSERET ARUS ?
Pasti sangat sering sekali kalian mendengar mitos yang satu ini , sudah banyak sekali korban yang terseret di pantai selatan dan jasad nya tidak di temukan dan sayangnya banyak sekali orang yang mengaitkan insiden tragis ini ke mitos kuno tersebut , padahal fenomena tersebut dapat di jelaskan dengan ilmu pengetahuan .

  • MENELAN CURUT (BAYI TIKUS BARU LAHIR) SEBANYAK 3 ekor  HIDUP HIDUP DAPAT MENYEMBUHKAN ASMA 
Banyak sekali orang Indonesia yang mempercayai Mitos yang satu ini , dengan menelan curut sebanyak  3 ekor dapat menyembuhkan asma , tetapi sampai sekarang mitos tersebut tetap janggal dan tidak dapat di terima dengan nalar dan logika .


  • Kebiasaan memukul anak wanita pada pantat (bokong)

Janganlah anda selalu memukul anak wanita pada pantat (bokong), karena kelak anak tersebut akan menjadi hyper sex, dan bila sudah berumah tangga akan selalu ribut dengan suaminya.

  • Kebiasaan mencabuti bulu alis mata

Janganlah suka mecabuti alis mata (khususnya wanita) karena akan menyebabkan ketidak nyamanan pada saat berhubungan intim.

  • Kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan

Janganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan akal dan pikiran menjadi buntu, bingung dan dungu.

  • Kebiasaan memeluk lutut sambil berjongkok

Janganlah terbiasa memeluk lutut sambil berjongkok, karena akan berakibat selalu bingung pada saat menghadapi masalah dan putus asa.

  • Memotong Kuku menurut hari

Janganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau irihati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda. Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum'at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang.

  • Mengangkat kaki

saat bertiduran (tengkurap)/melakukan kaki keatas keduanya atau satu saja, bertanda bahwa anda menginginkan menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada ibu anda.

  • Menggunting kuku malam hari

Janganlah anda menggunting kuku pada mari, karena akan membuat usia anda lebih singkat.

  • Menyapu di malam hari

Janganlah anda menyapu dimalam hari karena akan sulit untuk mencari rezeki.

  • Menjahit kancing baju ketika baju masih dipakai

Janganlah menjahit kancing baju ketika ketika baju masih dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu gagal dalam usaha selama 1 bulan.

  • Menyisir rambut sambil berjalan

Janganlah adan menyisir rambut sambil berjalan, karena anda akan mendapat malu di depan umum.

  • Mandi disiang hari bolong

Janganlah mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda akan cepat tua.

  • Makan didepan pintu
Janganlah anda makan didepan pintu, kelak akan berakibat sulit mendapat jodoh.
  • Makan telur ikan terlalu banyak
Janganlah makan terlalu banyak telur ikan khususnya untuk anak kecil, karena kelak akan berakibat terjangkit penyakit cacar yang membuat muka bopeng.
  • Mengeluarkan suara ketika makan
Janganlah anda mengeluarkan suara ketika sedang makan, karena akan berakibat menjadi bahan gunjingan orang lain, atau menjadi pengundang binatang buas.
  • Makan buah pisang (jantung)
Janganlah makan buah pisang (jantungnya) khususnya anak kecil, karena kelak akan berakibat sianak akan bodoh, dungu, dan bloon.
  • Makan masakan kaki ayam
Janganlah makan masakan kaki ayam khususnya anak kecil, karena kelak tulisannya akan jelek seperti cakar ayam.

  • Makan pisang yang berada di posisi pinggir (dalam satu sisir pisang)
Janganlah anda memakan pisang yang berada disisi pinggiran pada sisiran pisang, karena akan mendapat sikap selalu disisikan dalam setiap pergaulan.
  • Makan sirih bagi wanita muda
Jika anda adalah wanita janganlah anda bersirih (makan sirih), karena kelak akan berakibat saat hari pernikahan kelak akan mengalami haid/menstruasi.
  • Menjual cuka asam pada malam hari
Janganlah anda menjual cuka asam pada malam hari, karena akan berakibat pelanggan anda akan berkurang, dan selalu betengkar dengan tetangga.
  • Menjual silet dan jarum pada malam hari
Janganlah anda menjual silet dan jarum pada malam hari, karena akan berakibat toko, usaha anda akan bangkrut.
  • Menjual garam pada malam hari
Janganlah anda menjual garam pada malam hari, karena akan membawa kebangkrutan pada toko, warung, usaha anda.
  • Menyalakan rokok bersumber api (yang sedang membuat senjata tajam)
Jangan menyalakan rokok bersumber api dari bara besi yang sedang membuat senjata tajam, karena setelah jadi senjata tajam ia akan segera memakan korban jiwa.
  • Memakai payung dalam rumah
Janganlah memakai payung dalam rumah karena akan selalu kesukaran dalam hidup.
  • Malas menghadiri undangan perkawinan
Janganlah sering tak menghadiri undangan perkawinan karena akan membuat anda sulit jodoh.
  • Makan sebelum orang tua makan
Janganlah mendahului makan sebelum orang tua makan, karena akan menjadikan sulit untuk mendapat rezeki
  • Memotong rambut malam hari di rumah
Janganlah suka memotong rambut dimalam hari di rumah, karena berakitbat anda akan didatangi makhluk halus jahat dalam mimpi.
  • Tidur disore hari menjelang magrib
Janganlah anda tidur disore hari menjelang magrib, karena kelak anda akan menjadi orang tak bermalu (gila).
  • Tidur terlentang dengan tangan dikepala
Janganlah anda tidur terlentang dengan tangan menindih kening kepala anda, karena secara tidak langsung akan menyumpahi orang tua anda untuk pergi untuk selama-lamanya.
  • Wanita muda makan masakan tunggir ayam
Jika anda seorang wanita muda/belum bersuami hendaknya jangan memakan tunggir ayam, karena kelak anda akan mendapatkan suami yang tidak setia dan selalu makan hati.
  • Membersihkan telinga dimalam hari
Janganlah anda membersihkan telinga dimalam hari, karena akan membawa anda kedalam kesulitan rezeki.
  • Membuang puntung rokok yang masih panjang
Jangan membuang puntung rokok yang masih panjang, karena akan menjadikan ada akan kesulitan rezeki.
  • Mandi dipantai dengan pakaian warna merah atau hijau tua
Janganlah sering, selalu memakai pakaian warna merah atau hijau dipantai karena suatu saat kelak akan dijadikan mempelai wanita atau pria oleh makhluk halus.
  • Para gadis atau perjaka biasa membeli barang bekas
Jika ada gadis atau perjaka biasa membeli barang bekas kelak suatu saat akan menikah dengan janda atau duda.
  • Jangan anda tidur dengan posisi 
kepala ada di sebelah utara dan kaki di sebelah selatan, karena anda akan cepat meninggal (posisi mayat yang dikubur)
  • Kebiasaan menggigit bibir sebelah atas 
Janganlah menggigit bibir sebelah atas karena akan selalu banyak hutang dalam hidup
  • Kebiasaan menggigit kuku 
Janganlah sering menggigit kuku, karena akan mengundang nasib buruk dan pembawaan sering gugup juga akan menderita batin.
  • Kebiasaan memutir rambut 
Janganlah anda memutir-mutir rambut karena kelak anda akan menjadi bahan gunjingan orang dan menjadi korban fitnah.
  • Kebiasaan pura-pura menangis 
Janganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang tua akan menerima musibah.
  • Kebiasaan bersiul diwaktu malam 
Janganlah anda selalu bersiul diwaktu karena disaat anda tidur dimalam itu dan akan mendengar siulan yang berasal dari luar kamar anda itu adalah ulah dari makhluk halus yang merasa terganggu dengan siulan anda dan membalasnya.
  • Kebiasaan bersiul didalam rumah 
Janganlah anda selalu bersiul didalam rumah, karena akan mengundang makhluk halus yang akan berbuat jahat.
  • Kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih 
Janganlah mempunyai kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih karena kan berakibat perpisahan tiada sebab.
  • Kebiasaan membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang 
Janganlah selalu membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami bentrokan keluarga yang beruntun.
  • Kebiasaan makan pakai mangkuk 
Janganlah anda selalu suka makan pakai mangkuk, karena akan sering ditinggal pergi saudara.
  • Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan baju 
Janganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki.
  • Kebiasaan memakai baju sambil berjalan 
Janganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.
  • Kebiasaan menyiksa anak perempuan
Janganlah anda memukul atau menyiksa anak, adik, saudara perempuan karena kelak jika ia sudah menikah ia akan selalu disakiti dan disiksa oleh suaminya.

  • Mandi disiang hari bolong
Janganlah mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda akan cepat tua.
  • Makan nasi menggunakan piring kecil
Janganlah anda Makan nasi menggunakan piring kecil, karena akan berakibat selama hidup akan tersisih dari keluarga.
  • Makan disudut meja
Janganlah anda makan disudut meja, karena akan berakibat kelak anda akan dimusuhi mertua dan perkawinannya akan hancur.
  • Makan otak binatang
Janganlah anda memakan otak binatang khususnya untuk anak kecil, karena akan menimbulkan uban sebelum waktunya.
  • Makan dicobek atau lumpang
Janganlah anda makan dicobek atau lumpang, karena akan berakibat kelak anda akan dimusuhi mertua tanpa sebab.
  • Makan didaun yang dilipat
Janganlah Makan didaun yang dilipat, karena akan berakibat kelak kehidupan keluarga anda tidak akan harmonis.
  • Makan selalu dengan tangan tanpa sendok
Janganlah anda makan selalu dengan tangan tanpa sendok, kelak barakibat kehidupan anda menderita, bila ia seorang wanita akan menderita kanker rahim.
  • Berpindah tempat pada waktu makan 
Janganlah berpindah tempat pada waktu makan, karena kelak berakibat akan mendapat ibu tiri. Terkecuali pindah pada posisi yang lebih bagus misalnya semula makannya dilantai, kemudian pindah kemeja makan yang semestinya, kalau itu yang dilakukan kelak akan cepat mendapat pekerjaan yang lebih baik.
  • Berselimut dengan tikar 
Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.
  • Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan. 
Janganlah anda berteriak-teriak berkata-kata kotor pada saat berada di dalam hutan, karena anda tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan).

  • Bangun Tidur terlalu siang 
Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh kembali.
  • Bersin sewaktu akan bepergian 
Anda tidak dapat langsung berpergian baik menggunakan kendaraan atau tidak setelah bersin.Paling tidak anda menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi, karena kalau anda bersin langsung pergi anda akan celaka diperjalanan.
  • Berlama-lama dikamar mandi 
Janganlah anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.
  • Duduk dipintu 
Anda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena khawatirkan ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit.
  • Gadis keramas dihari Sabtu 
Jika anda seorang gadis, janganlah anda keramas pada hari Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa
  • Kebiasaan bersedih pada waktu hamil 
Janganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak akan mendapatkan anak yang cengeng.
  • Kebiasaan duduk di tengah pintu waktu turun hujan lebat 
Janganlah anda duduk ditengah pintu waktu turun hujan lebat karena suatu ketika anda dapat tersambar petir (yang sebenarnya petir tersebut, konon, mengincar setan).
  • Kebiasaan makan asinan di malam hari 
Janganlah anda terbiasa makan asinan di malam hari, karena akan selalu tertimpa keresahan hati, jika ia seorang yang belum menikah akan sulit jodoh, dan jika sudah menikah ia akan sering bertengkar.
  • Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras 
Janganlah melakukan Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras, karena kelak akan selalu mengalami kekecewaan karena gagal dalam karir dan rumah tangga.
  • Kebiasaan menggigit bibir sebelah bawah 
Janganlah anda selalu menggigit bibir sebelah bawah, karena kelak anda akan bernasib buruk dan rezeki seret.
  • Berpindah tempat sewaktu makan.
Orang tua zaman dahulu melarang kita berpindah pindah tempat saat makan karena akibatnya kelak akan mendapat ibu tiri. Kecuali berpindah ke tempat yang lebih bagus, kelak akan mendapat pekerjaan yang baik.
  • Berselimut dengan tikar.
Entah apa alasan dari mitos selimut dengan tikar ini, menurut kepercayaan orang tua dahulu berselimut dengan tikar dapat berakibat kalau anda akan digulung ombak ketika mandi di laut.
3. Berfoto bersama dalam jumlah ganjil.
Entah darimana asal mitos ini namun banyak yang menyebutkan bahwa Akibatnya salah satu yang berfoto akan cepat meninggal, biasanya yang ditengah(ini sudah saya jelaskan pada postingan mitos tentang foto bertiga).
  • Gadis keramas di hari Sabtu.
Akibatnya akan mendapatkan suami penyiksa, entah lah apa hubungan hari sabtu dengan keramas ya? namun saya pernah dengar cerita zaman dahulu saat Allah melarang sebuah umat untuk mencari ikan di hari sabtu, nanti saya cari ceritanya. agak lupa nih.
  • Bernyanyi atau bersiul saat makan.
Konon kalau anda bernyanyi atau bersiul saat makan maka anda akan mengalami kegagalan saat berusaha. But who knows?

  • Menggunting kuku dimalam hari.
Menurut kepercayaan daerah di sulawesi menggunting kuku di malam hari berarti mendoakan agar orang tua berumur pendek, namun menurut kepercayaan daerah lain aktifitas ini dipercaya membuat usia lebih singkat.
  • Mata kanan kedut-kedutan 
akan mendapatkan duit atau rezeki
  • Bulu mata ada yg jatuh atau rontok 
Konon pertanda dari bulu mata yang rontok berarti ada seseorang yg kangen sama kita
  1. Bersin tanpa ada sebab 
Selain mitos telinga berdengung atau lidah tergigit konon orang tua zaman dahulu juga menggambarkan bersin tanpa ada sebab sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang kangen sama kita
  • Mengintip orang lain mandi 
Nah ini mungkin mitos yang paling banyak dipercaya hingga sekarang, ingat kan dulu kakek nenek kita bilang kalau mengintip orang mandi maka mata akan bintitan, yah walaupun tidak terbukti secara ilmiah namun tetap saja mitos ini banyak dipercaya oleh masyarakat kita.

  • Mengantongi batu di kantong kanan 
Pernah dengar mitos soal mengantongi batu? kabarnya jika kita mengantongi batu di kantong kanan maka kita dapat menahan keinginan untuk BAB. Entah darimana asal usul mitos ini namun seingat saya saat saya masih SD ada yang menyarankan seperti itu.

  • Janganlah Anda Menduduki Bantal Anda
Di daerah saya Jawa Tengah bila anda menduduki Bantal anda akan terkena penyakit bisul ( Udunen, kalo daerah saya)...tapi entah dari mana mitos ini bisa terjadi.....kalau dipikir pake logika sih ya tdak berpengaruh ya...

  • Kalau Anda Menemukan Uang Di Jalan Langsung Dibelikan
Nah ini mitos yang ada di Jawa juga, bila anda berjalan-jalan lalu anda menemukan uang anda harus segera membelikannya atau mengganti uang tersebut dengan uang anda yang nominalnya lebih kecil, mitos mengatakan kalau anda tidak segera membelikannya, nanti uang yang ada didalam rumah anda atau barang yang ada dirumah anda bisa hilang....

  • Jangan Menduduki Kursi Guru
Mitos saat saya kecil adalah, saya dilarang oleh orang tua untuk menduduki kursi guru, karena nanti kalau saya menduduki kursi guru nanti bakalan bodoh, nah saat ini saya sudah bersekolah di SPMA H.MOENADI Ungaran, dan mitos ini sekarang sudah tidak saya bawa di SMA, karena menurut logika saya mitos itu tidak ada pengaruhnya sama sekali.

  • Wanita dilarang Makan Langsung di Wakul/tempat nasi
Nih Menurut saya juga di Jawa Tengah, tepatnya daerah Demak, kalau cewek yang masih perawan dilarang makan langsung di tempat nasi, kan biasanya kalau syukuran ( Banca'an kalau daerah saya menybutnya ) itu pasti ada nasi yang di berikan oleh si pemilik rumah ( Berkat ) nah cewek kalo makan langsung di tempat nasi itu, katanya akan sulit mendapat jodoh, jadi makannya di ganti di piring aja.

  • Jangan Bersenang-Senang Berlebihan
Ini mitos saya di kasih tau oleh orang tua saya, kalau ada apa-apa jangan bersenang-senang berlebihan, atau ketawa berlebihan, nanti bila anda lakukan nanti anda akan mendapat duka, atau menangis.

  • Bila Ada Petir langsung buang Pisau/Keris
nah ini mungkin karena apa saya juga kurang paham, karena kalau ada petir saya disuruh ibu saya untuk membuang pisau/keris di luar rumah, mungkin sebagai pengganti anti petir ya. hehehehe

  • Jangan suka jongkok
nah ini mungkin ada benarnya juga, kita kalau jongkok mesti di katain "nanti malah keluar lho", nah menurut logika saya ada benarnya juga, kalau jongkok kan gaya kita saat di WC. jadi ada benanrnya juga hehehe

  • Membuang Air Panas di Tanah Langsung
Mitos ini juga saya dapatkan dari ibu saya, pas waktu itu saya memasak Mie Instan Goreng, kan airnya kalau mie nya udah masak/udah kenyal kan, airnya dibuang nah pas itu saya langsung buang aja di luar rumah, langsung saya ditegur oleh orang tua saya, "Heh Bagus jangan buang air di tanah, nante nenek/kakek kamu yang sudah meninggal nanti bakal kepanasan" lalu saya takut tho, dan sampai sekarang saya tidak pernah membuang air panas langsung di tanah.

Nah itu sebagian mitos yang ada di Daerah saya Jawa Tengah, dan juga mitos yang ada di Indonesia, Percaya atau tidaknya anda pasti bisa memikirnya, bisa melogikannya, tapi menurut saya Jodoh, Mati, Takdir, itu sudah ada yang mengatur, bisa jadi Kita Mendapatkan musibah di atas karena itu sudah takdir kita, hanya ALLAH yang tau.

Tapi kalau saya sendiri sih tidak percaya dengan mitos di atas. jangan terlalu percaya dengan mitos-mitos yang ada disekitar anda. sekian dari saya Muhamad Bagus Ainurrahman, semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.

1 komentar:

haha,karena mitos yang beredar itu membuat indonesia akan kaya makna gan dan tambah terkenal :)
kunjungan sore gan

Jangan Berbicara yang tidak mengandung inti artikel..
- Berbicaralah yang baik
- Apalagi kalau anda hanya mencari BACKLINK

www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top