SEDERET INFO-INFO

blog yang menyediakan semua info unik, aneh, lucu info yang lagi trendy di tahun 2018, ada info kesehatan, tips belajar seo mudah, cara membuat website, info cpns 2018, dan lain sebagainya dan juga info seo 2018

24 December 2013

Alam Serta Geografis Jawa Tengah

Jawa Tengah dilewati oleh rangkaian pegunungan, yaitu Pegunungan Serayu Utara dan Serayu Selatan. Rangkaian Pegunungan Serayu Utara membentuk rantai pegunungan yang menghubungkan rangkaian Bogor di Jawa Barat dengan Pegunungan Serayu Utara.

Di sebelah selatan terdapat Pegunungan Kapur Utara dan Pegunungan Kendeng. Di ujung baratnya terdapat Gunung Slamet, dan bagian timur merupakan Dataran Tinggi Dieng dengan puncak-puncaknya Gunung Prahu dan Gunung Ungaran.

Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa (572 km), memiliki mata air di Pegunungan Sewu. Sungai Bengawan Solo mengalir ke utara, melintasi Kota Surakarta, dan akhirnya menuju ke Jawa Timur dan bermuara di daerah Gresik.

Waduk-waduk yang utama di Jawa Tengah adalah Waduk Gajahmungkur di Wonogiri, Waduk Kedungombo di Boyolali dan Sragen, Rawa Pening di Semarang, Waduk Cacaban di Tegal, Waduk Malahayu di Brebes, dan Waduk Sempor di Kebumen.

Provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif. Beberapa di antaranya adalah Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Dieng.

Jawa Tengah memiliki iklim tropis, dengan curah hujan tahunan rata-rata 2.000 meter. Daerah dengan curah hujan tinggi terdapat di Nusakambangan bagian barat, dan sepanjang Pegunungan Serayu Utara. Daerah dengan curah hujan rendah dan sering terjadi kekeringan di musim kemarau berada di daerah Blora dan sekitarnya, serta di bagian selatan Wonogiri.

Jangan Berbicara yang tidak mengandung inti artikel..
- Berbicaralah yang baik
- Apalagi kalau anda hanya mencari BACKLINK

www.lihatin.com. Powered by Blogger.
Back To Top